Wisata Nusa Penida

Wisata Nusa Lembongan

Post Page Advertisement [Top]


Tahukah kamu dermaga atau pelabuhan yang paling aktif di Pulau Nusa Penida? Ya salah satu pelabuhan di Nusa Penida namanya Pelabuhan Sampalan. Ada banyak pelabuhan di Pulau ini. Mengapa harus ada pelabuhan? Seperi diketahui bahwa Pulau Nusa Penida, adalah sebuah pulau yang terpisah dengan pulau Bali.
Meskipun terpisah, pulau ini tetap masuk ke wilayah Pulau Bali. Dengan masuk ke Kabupaten Klungkung. Lokasinya berada di sebelah tenggara Pulau Bali. Jika dilihat di peta, kamu bisa simak ada selat badung yang memisahkannya. 
source : www.rajahutantour.com
Untuk menuju pulau Nusa Penida ya harus melewati jalur laut. Untuk itulah harus ada dermada sebagai tempat menikan dan menurunkan penumpang dari ke Pulau Bali ke Pulau Nusa Penida.  Deretan fastboat berkapasitas muai 50-100 tersedia untuk mengantar perjalanan menuju Pulau Nusa Penida. 

Enjoy Trip Bali Tours : Bali Ginasti Tour


Boleh dibilang Pelabuhan Sampalan ada pelabuhan tertua. Sering disebut dengan pelabuhan tradisonal Sampalan. Pelabuhan yang terletak di sebelah utara pulau Nusa Penida. Memiliki tempat untuk naikk turunnya penumpang. Berbeda dengan di Pelabuhan Sanur, begitu kamu naik fastboat harus melepas sandal atau sepatu, kemudian berjalan kaki di pesisir pantai sehingga kaki dipastikan basah. 
Source : www.nusatouradventure.com
Tidak semua pelabuhan dapat menampung fastboat. Hanya beberapa saja, kalau semua ditampung tentu perjalanan menjadi terhambat. Nama-nama fastboat ternama yang berlabuh di pelabuhan Sampalan seperti Gangga, Idola, Mola-mola dan lain-lain. Sebelum kamu ingin Wisata Nusa Penida. Ada baiknya melihat informasi tentang Pelabuhan Sampalan.
Seperti : letak Pelabuhan Sampalan, fasilitasnya, jam keberangatan fastboat-fastboat. Berapa bayar tiket fastboat dan lain-lain. Keberangkatan antar fastboat diatur melalui komunikasi Dinas Perhubungan setempat. Dinas Perhubungan yang mengatur semuanya. Termasuk boleh berlayar atau tidak fastboat tersebut.

Letak Dermaga Sampalan Nusa Penida

Tour Nusa Penida Murah bekerjasama dengan berbagai fastboat. Fastboat ini termasuk ke dalam bersandar di Pelabuhan Sampalan. Lokasi Pelabuhan Sampalan ada di wilayah Kutampi Kaler Kecamatan Nusa Penida. Kabupaten Klungkung Propinsi Bali. Dari pelabuhan sanur ke Pelabuhan Sampalan memerlukan waktu sekitar 40 menit minimal.

 Nusa Penida Tour : RAJA HUTAN TOUR


Kalau dari Pelabuhan Kusamba menuju Pelabuhan Sampalan, sekitar 15 menit sudah sampai. Kebanyakan wisatawan baik asing dan domestik lebih memilih Pelabuhan sanur. Mengingat Pelabuhan Kusamba lokasinya sangat jauh. Kalau Sanur sangat dekat dengan pusat Kota Denpasar.
Perjalanan di laut sangat menyenangkan. Dengan kecepatan normal, fastboat memuat penumpang menuju Nusa Penida. Selama di laut, kamu juga melihat fastboat lain meluncur ke Nusa penida namun melalui pelabuhan lain. Perbedaan air laut memang sudah tampak begitu tiba di pesisir pantai.
Air laut di Nusa Penida memiliki warna semakin ke tengah akan semakin biru. Namun di pesisir berwarna biru langit. Pasirnya yang berwarna putih dan sangat memanjakan mata untuk melihatnya. Begitu sampai di Pelabuhan terlihat banyak wisatawan yang menunggu fastboat, akan menuju ke Sanur atau Kusamba. 
Para guide juga bertebaran menunggu tamu yang akan diantar untuk berwisata. Guide akan mengantar tamu menuju lokasi sesuai dengan paket tour yang dipilih. Variasi paket tour ada banyak seperti : One day Trip NusaPenida, paket tour Nusa Penida 1 hari 1 malam, paket tour nusa penida  hari 1 malam, paket tour nusa penida 2 hari 1 malam.
Kamu juga bisa mencoba paket snorkeling Nusa Penida, paket tirta yatra nusa penida, paket watersport Nusa Penida, paket mancing NusaPenida. Jika kamu memutuskan untuktidak memakai jasa travel boleh menyewa kendaraan roda dua. Di sekitar Pelabuhan Sampalan, banyak terdapat penyewaan motor.
Sekedar saran sih, sebaiknya menggunakan jasa travel. Mengapa? Alasannya sederhana. Ingat tujan kamu ke Nusa Penida adalah berwisata. Jangan biarkan kamu sibuk membawa motor kemudian capek sehingga tidak bisa menikmati alam Nusa Penida dengan santai. Cuaca di Nusa Penida sangatlah panas, jika kamu memilih menggunakan motor, kulit bisa terbakar dan hitam.

Aktifitas Dermaga Sampalan Nusa Penida

Fungsi Pelabuhan Sampalan hanyalah untuk menaikan dan menurunkan penumpang. Tidak ada aktifitas lain selain itu. Harga tiket fastboat sekali jalan Rp. 75.000/person. Jadi kalau bolak balik kena Rp. 150.000/person. Itu untuk turis domestik ya, untuk turis asing beda harga. Keberangkatan fastboat mulai pukul 07.00 wita sampai 17.00 wita. 

tour nusa penida : only 750K/pax foreign only


Pemesanan tiket fastboat bisa secara online melalui penyedia situsnya. Bisa juga datang langsung ke outlet pemesanan tiket yang ada di Pantai sanur. Kamu akan menemukan deretan outlet tiket fastboat. Setiap fastboat memiliki outlet sendiri. Dengan tujuan biar kamu tidak bingung ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.